Sekarang ini modifikasi mesin 2 cylinder telah menjalar keseluruh
daerah di Indonesia..... awalnya memodifikasi motor 1 cylinder menjadi 2
cylinder adalah hal yang sangat tidak masuk akal...namun setelah
modifikator asal purwokerto mencoba bereksperiment dengan motor
Vespa,Binter dan Honda CB lawasnya, lalu akhirnya dia berhasil dan
menghasilkan Sound dari suara kenalpot yang luar biasa cool, yaitu
sekitar 11/12 dengan motor harley davidson.
akhirnya
ide dan eksperimen ini menginspirasi banyak orang untuk mencoba hal
baru tersebut...selang beberapa tahun dari kemunculan motor-motor modif
ekstrem tersebut barulah bermunculan motor-motor serupa dari jenis
kendaraan yang berbeda-beda salah satunya seperti yang saat ini ingin di
ulas oleh I B L J yang yang menggunakan motor bebek sebagai bahan
modifikasinya...Yamaha Vega 2 cylinder L twin
Yamaha Vega 2 Cylinder L twin
Padahal awalnya ini cuma iseng-iseng, namun akhirnya dodi asal sumedang
jawa barat ini merasa tertantang untuk membuatnya secara serius meski
hanya dari sebuah desa kecil di sumedang. Dengan menganalisa rancangan
basic konstruksinya yang berawal dari modif kruk as satu stang seher
menjadi 2 stang seher, dengan cara memodifikasi bagian-bagian dari
komponen stang seher dan daun kruk as dengan memapas bagian pada sisinya
di antaranya memapas daun kruk as sebelah kanan sebanyak 3mm daun kruk
asa sebelah kiri 3,5mm, kemudian memapas stangsehernya total 1,5mm, dan
berikut ini hasil modifikasinnya.
Kruk As Modifikasi 2 Cylinder
Langkah selanjutnya adalah, doni membuat dudukan baru untuk blok
cylinder yang ingin di tanam di mesin Vega menjadi 2 Cylinder, dengan
cara mencoak bagian tengah atas Crankcase kemudian di tanam adaptor yang
sebelumnya memang sudah di buat menyerupai posisi dudukan aslinya
dimana bentuknya seperti paking alumunium tebal. Setelah menemui titik
centernya kemudian bagian pingirnya di lasbabet alumunium untuk mengisi
kekosongan dari Crankcase yang di coak tadi.
Crankcash yang di coak adalah bagian tengah atas, kemudian Crankcase di tanami adaptor.
Setelah
posisi gigi sentrik dirasa posisi dan ukuran tingginya pas, karena
letaknya bersebelahan pada bagian lengan kruk as, otomatis posisi blok
tidak sejajar center. Permasalahan ini di atasi oleh dodi dengan cara
menggeser Linier dari salah satu blok tersebut sebanyak kurang lebih
7mm. Permasalahan baru timbul karna dengan bergesernya linier sirip
blok, blok banyak yang robek, solusinya adalah dengan di las alumunium.
Hal ini lah yang menurut dodi menjadi titik yang paling sulit.
Piston
cukup menggunakan piston kepunyaan Karisma, dan di padu dengan struk
standar. Ini menghasilkan kapasitas mesin menjadi 120cc per cilindernya.
Jika di dikalikan 2 makan menjadi 240cc. Pada sektor pengapian
semuanya serba ganda. Dari Pulser, koil, CDI kecuali magnet.
Spesifikasi :
Piston : Karisma
Kruk as : Std Custome
Cam : Jupiter
Klep : Standar
CDI : Jupiter
Ratio : Standar
Pulser : 2 buah
Koil : 2 buah
Cdi : 2 buah
0 komentar:
Posting Komentar